GAMBARAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI UNIT RAWAT INAP VIP RUMAH SAKIT KHARITAS BHAKTI PONTIANAK

  • Desti Dwi Ariani Dosen
Keywords: Kepuasan pasien

Abstract

Latar Belakang : Setiap rumah sakit dituntut harus dan mampu mewujudkan pelayanan yang efisien, efektif dan bermutu secara paripurna serta  berorientasi pada kepuasan  pasien. Tujuan : Mengetahui gambaran kepuasan pasien berdasarkan lima dimensi kepuasan pasien di unit rawat inap VIP Rumah Sakit Kharitas Bhakti Pontianak.

Metode penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian survey deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menggunakan 33 responden penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisa univariat dengan menggunakan Mann-Whitney Test.

Hasil penelitian : Hasil penelitian responden yang paling banyak usia 34-46 tahun, 6 pasien atau sebanyak 18.2 % dari usia pasien dengan rentang usia 47-58 tahun, 6 pasien atau sebanyak 18.2 %, jenis kelamin yang dominan sebanyak 54.5 % dari total jumlah pasien adalah pria, responden berdasarkan lama perwatan  54.5% dengan jumlah pasien sebanyak 18 orang dengan lama perawatan selama 3 hari sedangkan berdasarkan status perkawinan sebanyak  30 tatau 90.9 responden berdasarkan Status perkawinan responden, yakni sebanyak dari semua responden sebesar 42.4% dari total jumlah responden adalah Tamat SMA, dari semua responden 18 responden atau sebesar 54.5% dari total jumlah responden memiliki penghasilan antara 3.000.000 – 5.000.000, terakhir berdasarkan frekuensi perawatan 12 responden atau sebesar 36.4% dari total jumlah responden adalah sebanyak tiga kali atau lebih.

Kesimpulan : Sebagian besar responden menyatakan puas dan sangat puas terhadap pelayanan keperawatan di Unit Rawat Inap VIP RS. Kharitas Bhakti.

Kata Kunci : Kepuasan pasien

References

Akbar dkk, (2013) Gambaran kepuasan pasien terhadap pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat di instalasi rawat inap RSUD Labuab baji Makassar 2013. Makassar: Unhas

Alamri dkk. (2015) Hubungan antra mutu pelayanan perawatan dsn tingkat pendidikan dengan kepuasan pasien peserta badan penyelenggaran jaminan (BPJS) kesehatan di ruangan rawat inap rumah sakit islam (RSI)sitti Maryam kota manado.Manado Universitas Samratulangi.

Azwar, A. (1996). Pengantar administrasi kesehatan.

Burhani dkk, (2016), Hubungan tingkat pengetahuan ibu dan tingkat ekonimi keluarga nelayan dengan status gizi belita di kelurahan air tawar barat kota padang: Jurnal Kesehatan andalas

Ismani, N. (2001). Etika keperawatan.

Manurung, S. (2011). Keperawatan Profesional. Jakarta : CV. Trans Info Media.

Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan (2th ed). Jakarta : Salemba Medika.

Nur dkk, (2018) Anlisis faktor yang mempengaruhi pemilihan kelas kepesertaan jaminan kesehatan nasional. Falethan health jurnal.

Oroh. dkk, (2015) Faktor-faktr yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan keperawatan di ruangan interna RSUD Noongan. Manado: Universiatas Samratulangi

Susanto, R. D., & Ffield, A. (1999). Throughflow within makassar strait. Geophysical Research Letters, 26(21), 3325-3328

Syamsudin, E., Wijono, F. S., & Gunawan, H. (2008). Perangkap Tikus Menggunakan Mikrokontroler dengan Fasilitas Short Message Service (SMS). TESLA Jurnal Teknik Elektro UNTAR, 10(2), 91-95.

Widajat, D. (2009). Uji coba teknologi daur ulang campuran dingin dengan foam bitumen pada jalan Pantura Jawa Barat. Jurnal Jalan-Jembatan, 26(1), 57-72.

Wiyono. H., Soekarno, I., & Egon, A. (2006). Perbandingan Beberapa Formula Perhitungan Gerusan Di Sekitar Pilar (Kajian Laboratorium). Jurnal Teknik Sipil ITB, 13(1), 1-10.
Published
2021-04-30
Section
Articles